Warning: Creating default object from empty value in /home/kardopa/public_html/wp-content/plugins/cleaner-gallery/cleaner-gallery.php on line 84
PROGRAM USAID PRIORITAS | Kardopa

PROGRAM USAID PRIORITAS

Filed under: Infotainment,Kardopa Hot,Peristiwa,Sumut & Medan Hot |

kardopa.co.id – Ketua DPRD Kota Medan, H Amiruddin mendorong diseminasi program USAID Prioritas. Diseminasi ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak sekolah untuk mengimplementasikan layanan pendidikan berkelas dunia di Kota Medan. Tahun depan kita akan menyediakan anggaran untuk mendiseminasikan program USAID Prioritas di dua kecamatan, ujar Amiruddin dalam acara persiapan kunjungan belajar Kota Medan ke Binjai dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dasar yang difasilitas program USAID Prioritas di, Medan, baru-baru ini.

Menurut Amiruddin, menyediakan pendidikan yang berkualitas merupakan jalan terbaik membantu generasi muda menghadapi tantangan hidup. Ia juga menambahkan, DPRD Kota Medan memiliki komitmen besar terhadap peningkatanh mutu pendidikan. Komitmen itu ditandai dengan disediakannya anggaran pendidikan besar dalam APBD Kota Medan.”Sebagai Ketua DPRD Kota Medan,” kata Amiruddin, “Saya sangat perduli dengan pendidikan,” Namun Amiruddin mengingatkan, anggaran pendidikan yang besar bukanlah jaminan tersedianya layanan pendidikan berkualitas. Dibutuhkan kerjasama antara DPRD, dewan pendidikan, dinas pendidikan, kepada sekolah, komite sekolah, orang tua, siswa dan masyarakat untuk mewujudkan hal itu. Lebih lanjut ia menjelaskan, ia sendiri telah menggagas berdirinya Rumah Cerdas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Melalui Rumah Cerdas tersebut, anak-anak muda yang miskin dapat belajar meningkatkan keterampilan. Rumah Cerdas menyediakan sejumlah pelatihan agar anak muda bisa mendapatkan pekerjaan yang baik.”Ini, bentuk pengabdian pribadi saya di bidang pendidikan,ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Drs H Parluhutan Hasibuan mengapresiasi kemitraan antara Pemko Medan dan USAID Prioritas. Kadisdik Medan ini mengharapkan program USAID Prioritas mampu mendongkrak kualitas pendidikan. “Sebagai Kota terbesar nomor tiga di Indonesia, Medan dituntut mampu menyediakan pendidikan yang berkualitas. Penyediaan pendidikan yang berkualitas ini ditujukan agar generasi muda kita mampu bersaing dalam dunia yang kini semakin bebas,ujarnya. Koordinator Daerah USAID Prioritas Kota Medan, Kamaluddin Pane, memuji keseriusan Ketua DPRD dan Kadis Pendidikan Kota Medan dalam meningkatkan layanan pendidikan bermutu. Kamaluddin berharap, dukungan yang diberikan Ketua DPRD dan Kadisdik Medan dapat ditindaklanjuti oleh kepala sekolah dan guru mitra USAID Prioritas.

Sekolah mitra diminta bergiat mengimplementasikan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Kreatif dan Menyenangkan), CTL (Contextual Teaching and Learning) dan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) secara serius. Kami berhadap dinas pendidikan juga melakukan monitoring agar sekolah mitra USAID Prioritas konsisten mengubah metode pembelajaran dan meningkatkan tata kelola sekolah,” kata Kamaluddin. Program USAID berjalan lima tahun dengan menelan biaya 83,7 juta USD, yang didanai oleh United States Agency for International Development(USAID). Program ini khusus didesain untuk membawa pendidikan kelas dunia kepada siswa Indonesia. Di Sumut, program ini menjangkau 208 SD, SMP dan Madrasah.

Sumber : Analisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>